Jumat, 21 November 2008

Karya PKM pertama "Waste separation Machine"

(Waste Separation Machine)

Waste Separation Machine,ini adalah awal kali saya mengikuti PKM-T (program hibah dana penelitian penerapan Teknologi). Awalnya ikut program ini diajak oleh senior saya Mas Arqom M46, mas Edwin (Panggilanya mas GAM) M46 dan Ajun M48, tapi setelah itu saya ikut lagi bikin Corncob Machine. Ternyata seru lho kita ngerancang mesin untuk penelitian, kemudian diberi dana hibah untuk direalisasikan dan setelah itu di lombakan ke seluruh Universitas di Indonesia.

Rancang Bangun mesin ini juga merupakan TA (Tugas Akhir) dari mas arqom dan mas Edwin, Alhamdulilah sekarang beliau sudah lulus dan sekarang Mas Arqom sudah di perusahaan minyak Harliburton dan mas GAM Sekarang udah di Pertamina. Tinggal saya dan ajun yang masih menimba ilmu di kampus tercinta Teknik Mesin ITS.

Oke deh kita langsung ke tentang alatnya aja ya...

Jadi waste separation machine ini adalah rancangan mesin yang saling berkesinambungan yaitu terdiri dari Magnetic Separation, Crusher, Rotary Screen dan Eddy Current Separation for Plastic and Metal Non-Ferrous. Nah di masing-masing bagian inilah sampah di proses. Penjelasan dengan singkat di masing-masing bagian ini. Magnetic Separation yaitu merupakan suatu system yang memanfaatkan drum bermedan magnet untuk memisahkan material logam verous dari sampah terpadu. Rotary Screen merupakan suatu alat pemisah sampah organic dari sampah terpadu. Sistem crusher menggunakan prinsip pencacahan terhadap sampah terpadu. Sistem Eddy Current berarti listrik yang tidak mengalir, memanfaatkan listrik bervoltase tinggi (s.d 100KV).
(masih
nyambungkan??)

Nah hasil dari mesin ini kita dapatkan sampah yang terpisah-pisah yaitu sampah jenis organik, logam magnetik, logam non magnetik dan plastik. Hasil olahan ini bisa di manfaatkan lagi buat Pupuk, bahan baku industri dan lainya.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

ga nyambung????!!!

ya',,,,, ma'lumlah,,
sy sbnrnya jg anak mesin,, tp lbh tepatnya sy lebih tau mesin2 apa aja yg berkaitan dgn dunia sy,,,, hehe,,,

anyhow,,,, just be the best,,,
trus b'karya ya sul,,, even hal itu b'kaitan dgn tugas kampus atw ngga,, & smoga hasilnya b'manfaat sprti yg dharapkn,,,,

Syamsul Bhari Purnomo mengatakan...

hehehehe....
Amin......
semoga hasilnya bermanfaat
^_^

Anonim mengatakan...

Minta tolong petunjuk, bila saya dapat diberikan knowledgenya secara terinci untuk rencana home industri ... dan saya bersedia kursus, bila berkenan hub. email saya : as_on@yahoo.com

Anonim mengatakan...

wah tadinya saya mau coba bikin alat ini mas,, buat ikutan PKM juga tahun ini,, tapi ternyata uda ada yang buat... ga jadi deh...

tapi kalo ada saran boleh dong mas buat PKM saya tahun ini,, hehe...

email sy : gun_a_one_88@yahoo.co.id